Definisi & Job Desk Drafter Bagian 1


Assalamualaikum wr.wb.

Alhamdulillah, Akhirnya blog drafterkontraktor.blogspot  ini mulai bisa rutin saya posting.
Semoga isi-isi materi didalamnya dapat menjadi tambahan ilmu sekaligus sarana sharing bagi rekan-rekan semua. Baiklah, artikel kali ini saya akan membahas mengenai Apakah itu DRAFTER, dan Apa sajakah Definisi & Job Desk Drafter Bagian 1
DRAFTER, berasal dari bahasa inggris yang berarti JURU GAMBAR. Lebih spesifik jika dikaitkan dengan dunia Kontraktor Mekanikal & Elektrikal, maka Drafter Kontraktor ialah seorang juru gambar yang menguasai 2 Keahlian yang saling berkaitan, antara lain :
1. Keahlian menggambar
2. Pemahaman mengenai apa yang digambar/Pemahaman Sistem

Kedua point ini mutlak harus dikuasai oleh seorang drafter untuk dapat menjual jasanya.

Penjelasan,
1. Keahlian menggambar.
Rata-rata dalam dunia Kontraktor, dalam hal ini Kontraktor Mekanikal & Elektrikal, Drafter menguasai banyak sekali aspek, beberapa diantaranya ialah gambar tehnik, pandangan gambar, dan wajib menguasai minimal 1 perangkat lunak komputer (software) seperti Autocad yang kini telah umum digunakan oleh para drafter-drafter pemula hingga profesional dalam menunjang pekerjaan mereka.
Autocad ialah program yang sangat lengkap untuk kepentingan design, pandangan gambar dan keakuratan ukuran/dimensinya, dan masih banyak lagi keunggulan-keunggulan program autocad ini.
Autocad dibagi lagi menjadi 2 jenis, 2 Dimensi & 3 Dimensi. Namun di Indonesia rata-rata penggunaan lebih ditekankan pada penggambaran 2 Dimensi, dilihat dari kegunaan dan pekerluannya, memang metode penggambaran 3 dimensi sangat jarang sekali dijumpai (walaupun ada beberapa). Sayapun kini menggunakan mode penggambaran 2 dimensi dalam pekerjaan saya sehari2, dan untuk dapat membuat gambar lebih terlihat hidup saya menggunakan mode Isometric sehingga gambar yang awalnya 2 dimensi bisa terlihat menyerupai gambar 3 dimensi.
Seorang drafter harus bisa menuangkan rencana system yang dapat dipahami oleh pekerja yg bersangkutan sehingga mudah dibaca, simple, tidak rancu apalagi ambigu
Tahapannya, pelajari dulu tentang Program Autocad, cari tutorialnya di Om Google, Beli buku mengenai belajar autocad di toko buku, kuasai dasar mengambar dalam program autocad.
Mempelajari program autocad itu mudah. Nanti saya akan berikan artikel mengenai hal-hal penting yang perlu dikuasai dalam program autocad.

2. Pemahaman mengenai apa yang digambar/Pemahaman Sistem
Hanya bisa menggambar di autocad namun tak tahu tentang system ialah suatu hal yang tak berguna, oleh karena itu jangan cepat berbangga diri, dengan kemampuan menggambar tersebut secara otomatis anda telah melangkahkan kaki anda menuju impian karir anda, hal tersebut harus ditunjang lagi dengan mempelajari tentang system. Apa itu SISTEM ?
Bagi sahabat yang masih awam atau istilah kerennya newbie, pemahaman system seperti pencernaan dalam tubuh kita, misal kita haus, kita ambil air minum dari teko, kita tuangkan ke gelas lalu kita membuka mulut kita dan air masuk ke tubuh kita melalui mulut, tenggorokan dan seterusnya hingga menjadi kotoran dibuang melalui buang air kecil. Mungkin seperti itu pemahaman dasar bagi sahabat yang masih belum tahu sama sekali mengenai apa itu SISTEM.
Dalam dunia kontraktor, sistem banyak macamnya, seperti system pekerjaan sipil/struktur, Mekanikal & Elektrikal, dll. Berhubung saya adalah seorang drafter kontraktor mekanikal & elektrikal maka dalam blog ini saya akan menjabarkan mengenai Sistem dalam scope pekerjaan Mekanikal dan Elektrikal. Materi ini akan sangat luas jika dipelajari dengan serius.
Sebagai informasi, materi yang saya posting dalam blog ini lebih ditekankan dari ilmu lapangan. Jujur saya bukan lulusan diploma atau sarjana teknik mekanikal / elektrikal, saya hanya ingin berbagi kepada semuanya mengenai ilmu yang saya dapat dari kenyataan yang sesuai dengan lapangan, oleh karena itu sekali lagi mohon, kritik dan saran buat para master untuk informasi yang terkait dengan blog drafterkontraktor.blogspot ini.
Pembahasan mengenai system mekanikal & elektrikal akan saya posting secepatnya, jangan kawatir ini akan sulit, pelajari saja dan kalian akan menguasainya + menyukainya.

JOB DESK / TUGAS & KEWAJIBAN DRAFTER :

Secara DASAR, dalam dunia kontraktor terutama Mekanikal & Elektrikal, Drafter berperan penting dalam lancar tidaknya suatu pekerjaan. Tanpa drafter, pekerjaan tidak dapat diaplikasikan dalam sebuah gambar kerja yang nantinya akan dikerjaan oleh supervisor terkait, atau sebagai acuan para pekerja dilapangan, drafter adalah seorang yang bertugas untuk menerjemahkan sebuah rencana pembangunan pemilik modal yang diwakili oleh Konsultan. Lalu dilaksanakan oleh Kontraktor (Drafter)  kedalam sebuah gambar kerja.
Berikut ini adalah Kewajiban dan tugas sederhana seorang drafter kontraktor mekanikal dan elektrikal :

1.       Menggambar sebuah Sistem Instalasi sesuai kebutuhan BQ
Dalam 1 sistem akan disertakan 3 macam gambar, antara lain gambar SISTEM, DENAH & DETAIL yang kesemuanya ialah untuk memperjelas maksud dan pandangan gambar.
2.       Menggambar dan mengajukan Shop Drawing kepada Owner/Konsultan/Main Kontraktor
3.       Membuat Asbuilt Drawing.

Ke 3 job desk diatas adalah beberapa kewajiban pokok seorang drafter kontraktor, sebenarnya masih banyak point-point kewajiban lainnya, namun saya hanya akan menyebutkan 3 macam saja.

Sampai disini jika ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.
Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan maupun kekurangan dalam postingan saya kali ini, mohon master-master memberikan kritik dan sarannya.
Terima kasih.

Ryo de cuya


Labels: