Mengenal "Drafter Kontraktor"



Siapa yang punya cita-cita menjadi seorang Drafter Kontraktor acungkan jari ? :)
hmm.. tapi, apa sih yang dimaksud dengan Drafter Kontraktor?
Mari simak artikel saya berikut ini mengenai Mengenal "Drafter Kontraktor"

Bagi adik-adik, teman-teman ataupun rekan-rekan yang ingin tahu dan ingin terjun menjadi seorang drafter Kontraktor, hal itu bukan mustahil kok.
Saya mau menjamin 80%, dan sisanya 20% tergantung doa maasing-masing hhehe..
Karena menjadi seorang drafter dapat dipelajari walau dari NOL Besar sekalipun, siapapun bisa, entah itu wanita, pria, asal mempunyai niat, ketertarikan dan kedisiplinan untuk belajar, maka jadilah dia seorang drafter kontraktor yang handal

Ok.. sebelumnya rilex kan pikiran kita sejenak.

Definisi drafter ialah dari kata draft = konsep dan "er" = orang. jadi drafter ialah seseorang yang bertugas untuk mengkonsepkan sesuatu, dalam hal ini Kontraktor.

Orang awam biasa menyebut drafter sebagai juru gambar atau tukang gambar atau apapun itu.
intinya seorang drafter kontraktor bertugas untuk membuat sebuah konsep gambar, umumnya menggunakan sebuah software  Autocad. lebih fokus pada gambar 2 dimensi. 3 dimensi tidak terlalu dibutuhkan.

jadi sebelum teman-teman melamar ingin menjadi seorang drafter, maka langkah PERTAMA ialah diWAJIBkan untuk belajar dasar-dasar program autocad.

untuk memahami program autocad tidaklah sulit.
beli bukunya, cari softwarenya di internet, install, lalu praktekkan. gampang kan. ? :) dan jika masih belum paham bisa bertanya kepada orang yang telah mengerti, atau bisa saja bertanya kepada saya.

ada dua cara untuk menjadi seorang drafter.
1. Secara formal
2. Secara otodidak

Jika secara formal, kalian harus menempuh pendidikan tinggi setara D3 atau S1. mengikuti sistem pembelajaran di bangku kuliah, materinya pun akan dijelaskan secara terperinci. namun membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
terjamin 80% dapat kerja, dll.

Namun bagi teman-teman yang ingin menjadi seorang drafter kontraktor tapi tidak mempunyai cukup dana, jangan putus asa. sekarang banyak kontraktor-kontraktor yang membuka lowongan drafter pemula. disana kita akan bekerja, dibimbing menjadi drafter profesional. bayangkan, kita belajar, gratis, digaji pula.

Namun diantara pendidikan formal dan otodidak mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tahukan anda, saya adalah seorang remaja kampung lulusan STM Mesin yang tidak sengaja terjun ke dunia kontraktor, namun dengan ketidak sengajaan itu, saya sekarang sudah kurang lebih 1 tahun menggeluti bidang kontraktor dan menjadi seorang drafter Kontraktor.

Jadi kesimpulannya ialah, Drafter bertugas untuk membuat konsep sebuah gambar kerja kedalam program 2 Dimensi, yakni pekerjaan Mechanical & Electrical
Jangan buru-buru bilang pusing, karena diblog ini saya akan berbagi seluruh pengalaman saya mengenai seluk beluk dunia kontraktor.

Diartikel berikutnya kita akan belajar lebih banyak lagi tentang dunia kontraktor.

Salam Hangat,

Ryo De Cuya.



Labels: