Tips Bagi Drafter MEP Pemula

Share:
Artikel ini akan sangat membantu buat sobat-sobat yang ingin dan tertarik untuk terjun dalam dunia kontraktor, terutama jika ingin menjadi seorang drafter seperti saya,

Semua hal yang saya berikan disini 100% berdasarkan pengalaman saya pribadi, jadi saya tidak menambah maupun mengurangi sedikitpun, materi ini juga penting untuk sobat yang BARU memasuki dunia drafter 
Buat master-master yang ingin berbagi tips silahkan, bisa dipost kan di kolom komentar. 

Photo created by freepik


1. Koordinasi & Negosiasi 
Sebagai drafter, kita akan bertemu dengan banyak orang dengan beragam pola pikir yang mungkin akan membuat kita tergeleng-geleng. Sama seperti pekerjaan pada umumnya, seorang drafter harus dapat menerangkan apa yang menjadi dasar pemikirannya, mengenai system, jalur instalasi, bertanggung jawa atas apa yang ia gambar, dsb. Kita juga akan mengikuti rapat/pertemuan mingguan dengan para pejabat tinggi main kontraktor yang mempunyai kemampuan professional diatas kita, membicarakan mengenai schedule pekerjaan, system pekerjaan, dll. Tanpa seni negosiasi & koordinasi yang baik, kita hanya akan jadi bahan tertawaan, oleh karena itu, belajarlah dari sekarang. Belajar dari drafter senior kita, banyak bertanya dan yang pasti latihlah apapun saran positif dari mereka.
Saran, jika sobat belum merasa mampu untuk memimpin jalannya pertemuan tersebut, maka jangan paksakan diri, mintalah drafter senior anda, supervisor atau site manager proyek untuk membimbing anda.

2. Tekun & pantang menyerah 
Salah sekali, dua kali, tiga kali akan menjadi agenda kita jika kita masih pemula sebagai drafter, apalagi kita hanya lulusan SMA/SMK (termasuk saya), namun jangan putUs asa, belajar terus, banyak bertanya kepada drafter senior kita, jangan bosan ataupun malu untuk beberapa kalinya kepada atasan kita, kita punya niat tulus untuk belajar maka insya Allah mereka akan membantu kita. Seperti tekan interen dikantor, komplainan orang lapangan terhadap gambar yang kita buat, gambar yang seharusnya selesai namun kita tidak dapat menyelesaikannya, dll. Itu semua proses, dengan begitu kita akan mampu mengambil pengalaman, hikmah dan sedikit demi sedikit kita dapat memperbaikinya. 

3. Banyak referensi 
Jika kita hanya berpatok atas pekerjaan kita tanpa kita bertanya bagaikan air yang mengalir mendatar, jika kita ingin air tersebut mengalir deras, kita harus membangun kemiringan untuk dapat memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya. Dengan banyak bertanya, mencari buku-buku yang menunjang. Sebagai info bahwa mempunyai banyak sekali bukupun juga akan sia-sia jika kita tidak membaca & mempelajarinya. 

4. Stamina baja 
Seorang drafter mempunyai 2 macam kantor, yakni kantor kerja dan kantor lapangan. 
Kantor kerja dimana kita mengerjakan proses menggambar dimana kita hanya duduk dan bersandar dan mencurahkan pikiran & mata focus pada layar monitor, kedua yakni kantor lapangan, disaat kita mengalami kesulitan atau kerancuan mengenai ukuran atau posisi penggambaran, kita mau tidak mau harus terjun ke lapangan, disanalah kita akan menuju kantor kedua kita. Jangan kira mudah, adakalanya kita perlu menuju tempat yang jauh/tinggi, tahun 2011 yang lalu saya pernah mengerjakan gedung 2 tower di Jakarta pusat yakni Plaza Indonesia Office Tower & Resident Tower dengan jumlah lantai pertower masing-masing rata-rata 50 lantai, ia kalau pemasangan lift telah selesai dan dapat beroperasi, kalau tidak ? itu perlu stamina dan enegeri extra. 
Namun Alhamdulillah poyek saya sekarang berada di Ceger Jakarta Timur (Proyek Kejaksaan Agung Negeri Ceger) dengan poyek 6 gedung dengan jumlah lantai masing-masing rata-rata 7 dan 11 lantai. 

5. Kebersamaan 
Disini kita tidak bekerja sendiri, namun kita bekerja dengan tim, baik Proyek Manager, Site Manager, Drafter Senior, Para Supervisor, Para Foreman, administrasi, dll. Kita harus mampu membangun suasana yang nyaman agar kita dapat bekerja dengan focus sehingga kita dapat menyelesaikan pekerjaan kita dengan baik. Kita harus mampu berkomunikasi secara baik denga mereka, dikantor saya sekarang, kami sering beli jajanan ringan hitung-hitung untuk istirahat sebentar, ngobrol dengan mereka, bermain futsal disaat week end, dan masih banyak sekali cara-cara agar membuat suasana kantor kita terasa nyaman dengan jalinan kebersamaan yang terjalinan sesama rekan kerja. 

6. Keuntungan EMAS 
Terutama bagi teman-teman yang telah atau ingin terjun sebagai drafter kontraktor namun dengan pendidikan hanya sebatas lulusan SMA/SMK seperti saya jangan langsung kecil hati. Sangat banyak sekali keuntungan yang dapat keuntungan kita ambil. 
Awal saya masuk di perusahaan tempat saya bekerja ini, saya pernah mendapatkan nasehat dari OWNER/Pemilik perusahaan, bahwa “Kamu silahkan belajar ditempat saya, raup ilmu-ilmu sebanyak mungkin yang dapat kamu ambil, belajarlah dengan giat, Saya tidak meminta uang bulanan dari kamu, malah saya akan membayar kamu jika kamu ingin belajar di tempat saya” 

Saran untuk sobat yang mau melamar kerja di kontraktor sebagai drafter seperti saya, 
  1. Carilah perusahaan kontraktor ME yang tidak membutuhkan kualifikasi calon karyawa yang tinggi
  2. Pelajari perusahaan tersebut dari sahabat atau orang-orang yang tahu mengenai selak-beluk perusahaan tersebut
  3. Berngeoasiasilah saat wawancara
  4. Ada banyak sekali perusahaan kontraktor diindonesia, dan tidak semuanya memperkejakan karyawan dengan kualifikasi background yang tinggi, ini akan menjadi keuntungan kita.
  5. Jangan langsung mencari gaji yang sangat tinggi jika kita masih pemula
  6. Cari perusahaan yang dapat membimbing anda untuk menjadi professional, ambil ilmunya, disini kita punya 2 pilihan, antara loyalitas dan personal. Kita boleh terus setia dengan perusahaan yang membesarkan kita ataupun kita bisa resign/keluar dari perusahaan tersebut jika kita telah merasa prosesional untuk mendapat gaji yang lebih tinggi jika kita mau.
Kesimpulannya adalah menjadi seorang Drafter bukanlah sebuah hal yang mudah, karena drafter adalah salah satu posisi penting dalam dunia kontraktor, drafter mempunya jenjang karir yang tinggi, seperti drafter junior, senior bahkan jika kita mampu kita dapat menjadi seorang Engineering atau Site manager atau bahkan lebih. 

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan ke sobat semua, mohon maaf jika terdapat kesalahan. 
Saran & kritik dari master mohon ditambahkan dikolom komentar. Terimakasih. 

41 comments:

  1. keep posting boy, :)
    saya umur 20 baru mau belajar drafter :D

    ReplyDelete
  2. @RHV.. Oh, tidak masalah mas.. beberapa teman saya sesama drafter yg umurnya diatas 20th baru belajar.. :).. harus tetap semangat..

    Note. Bulan Oktober ini umur saya genap 20 Tahun... :)

    ReplyDelete
  3. blog baguz dri daftar isi'a...tpi kok blm msih kosong gan ? di tunggu postingan'a.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhe.. masih disibukkan dengan kerjaan sebagai drafter gan..
      nanti pasti dilanjut buat postingannya... thnks

      Delete
  4. Nice posting,,

    and keep posting,gan.

    _saya juga drafter pemula, harus banyak belajar dari mas suryo. baru 20th_

    ReplyDelete
    Replies
    1. HHee.. Terimaksih..
      Sama-sama belajar gan...
      Silahkan sharing disini saja.
      https://www.facebook.com/groups/477447518997993/

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. terimakasi atas tips yang diberikan, itu samakin menggugah semangat saya untuk terjun di dunia kontraktor.

    saya hanya lulusan SMA ( pengetahuan saya tentang dafter minim ) apakah saya masih bisa ? ( tapi setelah membaca blog ini saya menjadi yakin bahwa saya bisa nantinya )

    sebelum saya terjun di dunia drafter, saya ingin kursus terlebih dahulu autocad.

    saya juga ingin bertanya :
    apasajakah yang harus kita kuasai sebagai drafter pemula

    mohon jawaban dan saranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu latihan menggambar gan,,, semakin lancar semakin baik untuk lanjut ke tahap pemahaman instalasi :)

      Delete
  7. halo mas ryo... salam kenal,
    isi blogny bagus2.... ada beberapa yg saya ambil (mohon ijin y mas... hehe) :D
    di tunggu tips2 selanjutnya mas...

    ReplyDelete
  8. Menurut saya referensi terbaik sebagai seorang drafter adalah dengan terjun langsung dilapangan karena dalam pelaksanaan dilapangan banyak sekali masalah yang kompleks, terkadang solusi langsung diterapkan dilapangan tanpa. Makanya saran saya bagi drafter pemula sebaiknya awali sebagai pengawas lapangan biar mengerti apa yg mau kita terapkan pada gambar kerja nantinya.
    Satu hal lagi, mental yang kuat sangat diperlukan menghadapi orang2 dilapangan. Semangatttt...!!!

    ReplyDelete
  9. Saya Lulusan DIploma T Informatika umur saya 24th,. saya pinggin terjun di dunia Drafter apa kah masih bisa,.
    haruskah seorang drafter bisa menggambar tanggan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus bisa gan....
      sangat bisa, asal mau belajar yg serius, banyak sharing ke teman2 drafter, gabung aja di group fb... https://www.facebook.com/groups/477447518997993/

      Delete
  10. gw jadi drafter kerjanya overtime di ADHI KARYA :( masih bnyak salah salah soalnya gw mntan drafter interior, ke sipil lumayan pusing harus blajar dari nol lagi,,, WALAUPUN org blg agak lama... itulah kesulitan teknis gambar,, pemahaman gambar pun harus matang,, jadi drafter itu harus sabar gw malah sempet nyerah jdi drafter, pngenya jadi owner aja, jadi enak ga mikir pusing, asalkan bnyk bajet,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhaa,,owner juga harus paham banyak ilmu gan... semangat ya... sy di PT. Acset.

      Delete
    2. mas, apa bener perusahaan kontraktor gak mematok tinggi ilmu seorang drafter??
      saya seorang mekanik tower crane di PT. Potaindo Machinary, kalo anda dari Acset mungkin tau,. saya sudah mulai belajar untuk jadi seorang drafter, tapi belum sepenuhnya, saya ada tujuan jadi seorang drafter, dan juga meneruskan kuliah, ada saran gak untuk saya yg baru mau memulai, thank's mas.. ;)

      Delete
  11. bang,saya baru masuk kuliah nih,di teknik elektronika,mata kuliah yg paling saya senangi gambar teknik,dan pakai autocad,tapi cuma 1 semester,dan itu pun baru 2d,ada saran ga bang buat saya yg senang autocad tapi gak tau harus kemana belajar? mohon saran bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak buku panduannya gan... bisa lewat buku, sharing di group FB "drafter mekanikal & elektrikal"

      Delete
  12. saya user AutoCad. usia saya 19thn saya sebagai drafter kontraktor, bener tuh gan banyak ilmu yang bisa saya sedot dari para atasan. ilmu arsitektur, perencanaan, sipil, pembuatan RAB, malah lebih deh. maklum atasan saya sangat mendukung untuk kemajuan saya, kalo dilewatkan sayang dong. walaupun saya lebih diutamain untuk menggambar, tapi dicekokin terus sama ilmu-ilmu dari atasan yg sudah pada bergelar. katanya sih mumpung masih muda jadi gausah tanggung-tanggung untuk ngasih ilmu. masalah bayaran mah belakangan deh yang pasti ilmu yang saya dapat itu lebih dari anak seusia saya yang lagi belajar di perguruan tinggi dalam bidangnya ya. itu kata bos saya hehehe tapi tetep harus kuliah lah hehehe
    maaf nih malah cerita nyerempet curhat heheheh

    ReplyDelete
  13. saya user AutoCad. usia saya 19thn saya sebagai drafter kontraktor, bener tuh gan banyak ilmu yang bisa saya sedot dari para atasan. ilmu arsitektur, perencanaan, sipil, pembuatan RAB, malah lebih deh. maklum atasan saya sangat mendukung untuk kemajuan saya, kalo dilewatkan sayang dong. walaupun saya lebih diutamain untuk menggambar, tapi dicekokin terus sama ilmu-ilmu dari atasan yg sudah pada bergelar. katanya sih mumpung masih muda jadi gausah tanggung-tanggung untuk ngasih ilmu. masalah bayaran mah belakangan deh yang pasti ilmu yang saya dapat itu lebih dari anak seusia saya yang lagi belajar di perguruan tinggi dalam bidangnya ya. itu kata bos saya hehehe tapi tetep harus kuliah lah hehehe
    maaf nih malah cerita nyerempet curhat heheheh

    ReplyDelete
  14. dan saya mau tanya adakah lowongan drafter ME di tempat bapa

    ReplyDelete
  15. Gan saya kan masih smp, kemanakah saya mlanjutkan sekolah untuk mnjadi se0rang drafter? Lebih tepat ke sma atau ke smk?
    Kalo sudah lulus smk, apakah saya sudah boleh kerja?
    Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  16. Gan izin copas ya.. Untuk motivasi menjadi seorang drafer

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas, jangan lupa cantumkan sumbernya ya :) terimakasih

      Delete
  17. ok mantap coi....
    saya makin termotivasi untuk terus belajar dari semua orang...
    kebetulan gan aku juga umur 20th lulusan smk juga bekerja di kontraktor ME sebagai drafter...
    melihat ulasan tesebut saya makin jadi termotivasi....


    terima kasih gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, semakin semangat terus ya, semoga blog ini bisa memberi manfaat buat semua :)

      Delete
  18. wah mantab gan infonya, kemarin saya juga membahas tips untuk menjdai seorang drafter :) linknya ; http://malangcorner.com/media.php?hal=details&judul=tips-untuk-menjadi-seorang-drafter , makasih

    ReplyDelete
  19. bagus mas bro...
    sering sering posting yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mas, taun 2017 ini akan lebih banyak artikelnya. :) terimasih sudah berkunjung

      Delete
  20. Mas suryo, saya lulusan sma dari dulu pengen terjun kedunia drafter tapi minim pengetahuan tentang, kalo perusahaan yg bisa nerima karyawan yg belum tahu tentang drafter gimana ya mas

    ReplyDelete
  21. Mas suryo, saya lulusan sma dari dulu pengen terjun kedunia drafter tapi minim pengetahuan tentang, kalo perusahaan yg bisa nerima karyawan yg belum tahu tentang drafter gimana ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang ini banyak perusahaan besar yang menerima lulusan baru mas, ajukan saja lamarannya, pasti akan dipertimbangkan. :)

      Delete
  22. Makin menggebu-gebu buat jadi drafter,tapi belum punya pembimbing..
    Mudah²an yg melihat komentar ini bisa memberikan sedikit pembelajaran tentang drafter
    Wa 082386617575 Muhajjir

    ReplyDelete
  23. Dulu kerja bagian mep pertama kali di pt mna mas?

    ReplyDelete