Friday, September 21, 2012

Mengenal "Drafter Kontraktor"

22 Komentar


Siapa yang punya cita-cita menjadi seorang Drafter Kontraktor acungkan jari ? :)
hmm.. tapi, apa sih yang dimaksud dengan Drafter Kontraktor?
Mari simak artikel saya berikut ini mengenai Mengenal "Drafter Kontraktor"

Bagi adik-adik, teman-teman ataupun rekan-rekan yang ingin tahu dan ingin terjun menjadi seorang drafter Kontraktor, hal itu bukan mustahil kok.
Saya mau menjamin 80%, dan sisanya 20% tergantung doa maasing-masing hhehe..
Karena menjadi seorang drafter dapat dipelajari walau dari NOL Besar sekalipun, siapapun bisa, entah itu wanita, pria, asal mempunyai niat, ketertarikan dan kedisiplinan untuk belajar, maka jadilah dia seorang drafter kontraktor yang handal

Ok.. sebelumnya rilex kan pikiran kita sejenak.

Definisi drafter ialah dari kata draft = konsep dan "er" = orang. jadi drafter ialah seseorang yang bertugas untuk mengkonsepkan sesuatu, dalam hal ini Kontraktor.

Orang awam biasa menyebut drafter sebagai juru gambar atau tukang gambar atau apapun itu.
intinya seorang drafter kontraktor bertugas untuk membuat sebuah konsep gambar, umumnya menggunakan sebuah software  Autocad. lebih fokus pada gambar 2 dimensi. 3 dimensi tidak terlalu dibutuhkan.

jadi sebelum teman-teman melamar ingin menjadi seorang drafter, maka langkah PERTAMA ialah diWAJIBkan untuk belajar dasar-dasar program autocad.

untuk memahami program autocad tidaklah sulit.
beli bukunya, cari softwarenya di internet, install, lalu praktekkan. gampang kan. ? :) dan jika masih belum paham bisa bertanya kepada orang yang telah mengerti, atau bisa saja bertanya kepada saya.

ada dua cara untuk menjadi seorang drafter.
1. Secara formal
2. Secara otodidak

Jika secara formal, kalian harus menempuh pendidikan tinggi setara D3 atau S1. mengikuti sistem pembelajaran di bangku kuliah, materinya pun akan dijelaskan secara terperinci. namun membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
terjamin 80% dapat kerja, dll.

Namun bagi teman-teman yang ingin menjadi seorang drafter kontraktor tapi tidak mempunyai cukup dana, jangan putus asa. sekarang banyak kontraktor-kontraktor yang membuka lowongan drafter pemula. disana kita akan bekerja, dibimbing menjadi drafter profesional. bayangkan, kita belajar, gratis, digaji pula.

Namun diantara pendidikan formal dan otodidak mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tahukan anda, saya adalah seorang remaja kampung lulusan STM Mesin yang tidak sengaja terjun ke dunia kontraktor, namun dengan ketidak sengajaan itu, saya sekarang sudah kurang lebih 1 tahun menggeluti bidang kontraktor dan menjadi seorang drafter Kontraktor.

Jadi kesimpulannya ialah, Drafter bertugas untuk membuat konsep sebuah gambar kerja kedalam program 2 Dimensi, yakni pekerjaan Mechanical & Electrical
Jangan buru-buru bilang pusing, karena diblog ini saya akan berbagi seluruh pengalaman saya mengenai seluk beluk dunia kontraktor.

Diartikel berikutnya kita akan belajar lebih banyak lagi tentang dunia kontraktor.

Salam Hangat,

Ryo De Cuya.



22 comments:

  1. wah tulisan dan blog tentang drafter ini sangat bagus sekali...
    mantap, kalo bisa di tambahin ilmunya, komunitas dan fitur" lainnya

    Saya juga ingin menjadi drafter tapi masih bingung, caranya gimana
    karena hampir semua minta yang Experienced

    kalo boleh... saya ingin bertanya" lebih lanjut lewat E-mail

    ReplyDelete
  2. @Anonim.. Terima kasih "anonim".
    pasti akan ditambah,,

    Masih ada kontraktor yg menawarkan pekerjaan bagi calon drafter junior walau tanpa pengalaman sekalipun, namun syaratnya harus mampu mengoperasikan program Autocad 2 Dimensi.

    Silahkan Lihat Alamat Email saya di http://ilmudrafter.blogspot.com/2012/09/hp-e-mail.html

    ReplyDelete
  3. Kalau saya boleh tau nama perusahaan nya apa? yang menerima drafter pemula?
    Tolong share ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bisa nyari di internet gan...
      biasanya yang ada keterangannya "fresh graduate" atau sejenisnya...

      Delete
  4. numpang tanya gan, kalo drafter kisaran gajinya berapa??

    ReplyDelete
  5. Ano.. Relatif gan. Dulu jaman 2010, saya awal sbg drafter blm bs apa2 salary Rp 1.350.000..
    Skrg sudah 2013, silahkan dikira2. Yg pnting blajar dulu. Cri ilmu sbnyk2nya nanti bisa mencri kontraktr dgn gaji yg besar.
    Untuk gaji max, gde bgt gan.

    ReplyDelete
  6. curhat dikit gan ,,, saya masih pemula dalam bidang drafter dan saya belajar secara otodidak , bisa kasih tahu gan contoh soal saat mengikuti test drafter,,
    thnks ilmu'a,, hehehe,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal tes drafter tidaklah mutlak.

      Agan bisa lihat arsip sy di 4shared salah satunya

      www.4shared.com/office/kfJPqhBd/Panduan_Belajar_Autocad_Pemula.html

      Smga membantu.

      Delete
  7. langsung saya follow ah. wah, kebetulan saya lagi riset tentang profesi drafter untuk bahan tulisan :)
    keep sharing, bro!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trmksh sdh brkunjung.
      Iya. Lg mempersiapkan web yg lbh khusus.

      Delete
  8. kalo gaji drafter tergantung keahlian bro..? semakin ahli semakin mahal. dan sekarang gajiku sudah 3.5 juta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane .. baruu di tugasin di jawa timur gaji 4.8 jt,

      Delete
  9. tergantung PT y juga masalah salary sii..bener ga gan??
    saya pake autocad 2011 yg baru gan msh bingung gan beda yg 2008..
    agan pake yg mna?

    ReplyDelete
  10. yah sbnernya semua cad tuh sama gan, cuma tampilan n mungkin ad penyempurnaan dri autodesk, sya prnah pke yg 2013 setingannya aja d.rubah byr classic n gmpng di mengerti kya cad 2008 ke bwah.

    iya ni untuk gaji klo drafter pemula di atas umr ga ya?

    ReplyDelete
  11. utamakan pakai hafalan di kolom command :). supaya bisa di semua versi autocad

    ReplyDelete
  12. orang yang basic gambarnya jelek bisa gak menjadi seorang drafter yang handal, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bisa mas... semangat terus belajar , jangan malu bertanya... :)

      Delete
  13. maaf saya mo nanya nih ma master drafter.....:)

    kira2 Mas suryo tahu perusahaan2 yang mmbuka lowongan drafter pemula tdak..?
    kbetulan saya mash belajar autocad dan pgin sekali belajar sambil bekerja di perusahaan kontraktor....

    hehehehe

    mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pt. arista pratama jaya daerah tebet pancoran mas.

      Delete
  14. saya bingung soal nego gaji di perusahaan yang manggil saya..saya seorang drafter pemula tapi saya mempunyai sertifikat pernah khursus autocad, kira-kira, bagusnya nego gaji berapa kisarannya buat seorang dafter pemula yang bersertifikasi,,maksimalnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal UMR mas... lebih dari itu tinggal soal nego aja.. sesuai skill

      Delete

Berlangganan Ilmu Drafter Melalui Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...